Selasa, 06 November 2012

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut


Tips Menjaga Kesehatan Gigi Mulut Pada Anak

Terkadang kita waktu kecil karena kurangnya pendidikan anak usia dini, dan kita tidak di ajarkan untuk merawat gigi cara menggosok gigicara membuat sehat gigi, itu semua jarang sekali di terapkan ketika kita masih kecil. nah bagaimana menerapkan suka gosok gigi dan cara menggosok gigi pada anak? nah kali ini masdab.com akan memberikan 4 tips menjaga kesehatan gigi mulut anak, menjaga kesehatan gigi mulut ketika kita besr mah gamapang, tapi yang lebih penting menerapakn menjaga kesehatan gii mulut pada anak2 kita, jadi gigi anak kita jadi bagus dan sehat, ketika dewasa pun tak ada masalah dalam gigi anak kita.
Berikut tips sederhana yang bisa dipraktekkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut tips ini saya kutip dari mahagaya blog seorang dokter gigi Tips Menjaga Kesehatan Gigi Mulut Pada Anak
1. Bersihkan gigi secara teratur.
Ini sehubungan dengan faktor GIGI dalam pembentukan lubang gigi. Gigi dibersihkan supaya tidak ada plak yang terbentuk pada gigi, yang bisa menjadi tempat tinggal bakteri pembentuk lubang gigi. Gag cuman teratur, sih. Tapi juga harus tepat guna. Kalo teratur tapi cara gosok giginya gag tepat, sama aja bo’ong.
2. Bersihkan mulut secara menyeluruh.
Kalo yang ini berhubungan dengan faktor BAKTERI dalam pembentukan lubang gigi. Menyikat gigi sebenarnya hanya membersihkan 1/4 atau 25% dari keseluruhan bagian gigi dan mulut! Masih ada pipi lidah dan jaringan lunak lainnya, yang bisa berpotensi sebagai tempat tinggal bakteri ‘jahat’ rongga mulut kalo gag dibersihkan secara teratur. Gunakan bantuan benang gigi [dental floss], pembersih lidah dan obat kumur sebagai alat bantu pembersihan gigi mulut kamu selain menyikat gigi.
3. Kurangi makanan manis.
Ini berhubungan dengan faktor GULA dalam pembentukan lubang gigi. Makanan manis dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri pembentuk lubang gigi. Dengan mengurangi sumber tenaga, berarti bisa mengurangi aktivitas bakteri dalam proses pelubangan. Bisa dengan, minimal, berkumur setelah makan manis, dengan air bening. Bukan air putih.. karena air putih itu, susu.
4. Kontrol rutin ke doktergigi
Ini adalah WAKTU. Dengan memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara teratur ke doktergigi, waktu yang diperlukan untuk bakteri melakukan aksinya bisa dihentikan. Misalnya butuh sekitar 7 bulanan untuk pembentukan karang gigi, tetapi dengan mengontrol kesehatan gigi per 6 bulan, kita mendahului 1 bulan lebih cepat, dan memaksa bakteri untuk mengulang prosesnya dari awal lagi.

http://masdab.com/tips-menjaga-kesehatan-gigi-mulut-pada-anak

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus