Senin, 07 Maret 2016

RPP Kelas 1 Kurikulum 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan      :  SD N Kedungsari 1
Kelas / Semester          :  1 / Gasal
                     Tema                       :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                 :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke        :  4
Alokasi waktu           :  1 Hari (2x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
PJOK
4.1  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti                konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk      permainan           sederhana dan/atau Tradisional.
INDIKATOR
PJOK
·         Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lurus
·         Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan zigzag
·         Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung

C.     TUJUAN
     Bergerak Bersama Teman
     Tujuan pembelajaran:
1.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk
garis lurus dengan benar.
2.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk
garis zigzag dengan benar.
3.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk
garis lengkung dengan benar.
     MATERI
Bergerak Bersama Teman

D.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
BergerakBersama Teman
1.             Guru menyampaikan setelah siswa bermain di dalam kelas, sekarang akan bermain di luar kelas dan mengajak keluar kelas.
2.             Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
3.             Masing-masing kelompok dibagi dua, lalu berdiri berpisah berhadap-hadapan.
4.             Siswa no. 1 di sisi A diminta untuk berjalan lurus atau berlari menuju temannya di sisi B dan berbaris di belakang siswa no. 5. Lalu, siswa
5.             nomor 1 di sisi B berjalan lurus/berlari menuju titik A dan berbaris di belakang siswa no. 5. Demikian seterusnya.

A      5 4 3 2 1
B      1 2 3 4 5

6.             Kegiatan kedua, guru meminta siswa berdiri di titik yang telah dibuat guru sebelumnya membentuk garis zig-zag.

1 3 5 7 9 11
2 4 6 8 10

7.             Siswa nomor 1 diminta untuk berjalan menyusuri garis zig-zag sampai ke siswa no. 11. Lalu siswasiswa lain melangkah mundur satu garis. Selanjutnya siswa no. 2 yang berada di posisi 1 berjalan membuat garis zig-zag sampai ke posisi no. 11. Demikian seterusnya sampai kesebelas siswa melakukannya.

1 3 5 7
11
1 3 5

8.             Kegiatan ketiga guru menggambar garis lengkung jika memungkinkan, dan siswa berada di titik puncak garis. Jika tidak memungkinkan guru memberi tanda di tengah-tengah masing-masing siswa. Minta siswa no. 1 berjalan menyusuri garis lengkung sampai ke siswa no. 7 dan seterusnya (dilakukan, seperti tahapan berjalan
zigzag).
9.             Siswa kembali ke dalam kelas.
10.         Guru menyampaikan setelah bergerak sesuai garis lurus, zig-zag, dan lengkung, siswa akan menggambarkan garis-garis tersebut di buku siswa dengan menggunakan pensil.
11.         Guru menyampaikan sebelum menulis siswa perlu mengetahui posisi tubuh yang benar pada saat menulis dan memegang pensil yang benar. Lalu, guru mencontohkan dan meminta siswa mempraktikkannya.
12.         Guru juga menyampaikan ujung pensil tidak terlalu runcing dan tidak tumpul dengan memperlihatkan contoh pensil yang diraut baik dan kurang baik.
13.         Lalu, siswa diminta melihat gambar di buku siswa dan mengerjakan latihan menulis dengan menebalkan garis dan nama teman di buku siswa.
14.         Sebagai penutup, guru menanyakan persamaan atau perbedaan permainan berjalan lurus, zig-zag, dan lengkung dengan menulis garis lurus, zig-zag, dan lengkung.
15.         Guru mengajak siswa untuk bersyukur kepada Tuhan, karena diberi kaki untuk bergerak dan tangan untuk menulis.
    45
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari
2.      Dengan arahan guru siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan
3.      Guru memberikan apresiasi bagi siswa yang  sudah berhasil dan memberikan motifasi kepada siswa yang belum mampu
4.      Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama menurut agama yang dianutnya
5.      Siswa kembali masuk kelas dengan tertib.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Aku dan Teman Baru.
·         Beberapa set kartu huruf (a-z) berbentuk lingkaran

I.       PENILAIAN
1.      Tehnik penilaian :
a.       Sikap
b.      Pengetahuan
c.       ketrampilan
2.      Bentuk penilaian :
a.       Penilaian sikap
b.      Penilaian pengetahuan
c.       Penilaian ketrampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah



Hartini, S.Pd.I
NIP: 19610705 198405 2 003
Magelang,......
Guru PJOK



Sulistiyani, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar