RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N Kedungsari 1 Kota Magelang
Kelas / Semester : 1 / Gasal
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari (2x35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PJOK
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
INDIKATOR
·
Melakukan gerakan melempar.
·
Melakukan gerakan menangkap.
C.
TUJUAN
1.
Setelah mengikuti permainan lempar bola, siswa dapat
memperkenalkan diri dengan
menyebutkan
nama panggilan secara benar.
2.
Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama
lengkap dengan benar.
3.
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias
kartu nama dengan rapi.
D. MATERI
Buku siswa hal. 1
teks dan nama-nama teman Udin
Permainan memperkenalkan diri,
Lirik lagu “Siapa Namamu”
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak
dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Teman Baru
1. Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.
2. Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1 dan membacakan
teks dan nama-nama teman Udin.
3. Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo
dan Beni di buku siswa hal. 2.
4. Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah
permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta
melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri,
”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak.... nama panjang.... biasa dipanggil
Ibu/Bapak.... kemudian, melempar bola
pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6. Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama
lengkap dan nama panggilan.
Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang
menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
7. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan
diri.
8. Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk
bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru menggunakan
lagu yang ada di buku siswa.
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku ............. (sebutkan nama anak)
9. Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil
menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa
tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman
tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan
seterusnya.
10. Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal,
dimulai dari mengenal nama.
|
45
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru
menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari
2.
Dengan
arahan guru siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan
3.
Guru
memberikan apresiasi bagi siswa yang
sudah berhasil dan memberikan motifasi kepada siswa yang belum mampu
4.
Guru
menutup pelajaran dengan berdoa bersama menurut agama yang dianutnya
5.
Siswa
kembali masuk kelas dengan tertib.
|
15
menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan
keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1
Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi
Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang
Aku dan Teman Baru.
Bola plastik atau bola dari kertas bekas
yang dibuat menjadi bentuk bola.
Karton/kertas/kardus
bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing- masing siswa.
Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang
sudah disediakan.
Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama.
1. Tehnik
penilaian :
a. Sikap
b. Pengetahuan
c. ketrampilan
2. Bentuk
penilaian :
a. Penilaian
sikap
b. Penilaian
pengetahuan
c. Penilaian
ketrampilan
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Hartini, S.Pd.I
NIP: 19610705 198405
2 003
|
Magelang,......
Guru
PJOK
Sulistiyani,
S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar